Senin, 23 Januari 2012

Kartu Debit untuk Belanja Online

   Bagi anda yang tidak punya Kartu Kredit berpikir bagaimana cara belanja online tanpa kartu kredit.? Ketika anda melihat ada logo Visa / Mastercard pada kartu debit rekening Bank di Indonesia (seperti  BRI, CIMB Niaga, Bank Mega, UOB, Panin, OCBC NISP, BTN, BCA dan lain-lain) mungkin anda berpikir kartu debit bank di indonesia tersebut bisa untuk belanja online?.
Berdasarkan yang saya tahu dari pengalaman orang-orang di internet dan pengalaman mencoba sendiri menggunakan kartu debit tersebut untuk belanja online, kartu debit tersebut tidak bisa untuk belanja online. Tetapi sekarang ada beberapa bank yang mulai menyediakan kartu debit yang dapat digunakan untuk pembayaran online di internet. Untuk saat ini ada dua bank yang saya tau yaitu BNI dan Bank Mandiri. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing: 

*Yang saya maksud di sini  belanja online dengan kartu debit adalah saat pembayaran kita  memasukkan nomer kartu dan angka di belakang kartu seperti kartu kredit.

1. BNI Debit Online

BNI Debit Online merupakan virtual card yang bisa didapatkan oleh nasabah BNI dengan menggunakan SMS Banking.


Cara untuk mendapatkan BNI Debit Online yaitu sebagai berikut(lihat gambar):
Virtual card ini bisa digunakan di semua Online merchant yang menerima Mastercard.  Saya belum pernah mencobanya karena rekening BNI saya sudah ditutup dan rencana saya akan buka rekening baru lagi karena ada BNI Debit Online ini. Di salah satu forum online yaitu ads-id sudah banyak yang mencoba. Silakan dibaca pengalaman mereka menggunakan debit online dari BNI ini di halaman ini.

Akhirnya ada Bank di indonesia yang menyediakan Kartu Debit Virtual untuk transaksi online. Semoga bank lain juga akan mengikuti jejak BNI ini sehingga kita tidak perlu menggunakan atau memiliki Kartu Kredit jika hanya untuk berbelanja online.

Selengkapnya tentang BNI Debit Online:
http://www.bni.co.id/id-id/bnipromo/newsletter/bnionlineshoppingexperience.aspx

2. Kartu Debit Bank Mandiri 

Kartu debit dari Bank Mandiri katanya adalah kartu debit visa pertama di Indonesia yang sudah tersertifikasi oleh Visa (VbV – 3D Secure) sehingga bisa digunakan  untuk  berbelanja online di internet dengan aman. Kartu debit dari bank mandiri  ini hanya dapat digunakan pada toko online yang sudah Verified by Visa (VbV/ 3D Secure) sehingga menjamin keamanan transaksi anda. Saat bertransaksi diperlukan Password/Authorization code yang berbeda setiap kali transaksi dilakukan (One Time Password/OTP) yang dikirim ke nomer handphone pelanggan. 
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/06/21/0957571/Ayo.Belanja.Online.Pakai.Kartu.Mandiri.Debit.Anda.

======================================================================
Bagaimana dengan BCA, BRI dan bank lainnya? Apakah akan mengikuti jejak kedua Bank ini? Kita tunggu saja!  

Saatnya beralih ke Bank yang  'tidak ketinggalan jaman' karena mendukung transaksi Online dengan mudah menggunakan Kartu Debit.  Saya mungkin akan  menutup rekening saya di Bank xyz (bukan nama sebenarnya) di kemudian hari karena  mungkin akan tidak terlalu berguna lagi , biaya administrasi mahal(beberapa bulan lalu naik) , antrian panjang, dan pelayanan tidak ramah mungkin karena merasa terlalu banyak nasabah. Bank apakah itu? Itu Rahasia! Rahasia umum maksudnya.

Jangan lupa untuk tetap  Berbelanja dari Toko Online dari Indonesia , karena kita bisa lebih memajukan E-Commerce di Indonesia dan uang kita tidak lari ke luar negri. Jika berbelanja dari luar negri perlu dipertimbangkan berbagai biaya-biaya yang mungkin timbul seperti misalnya biaya pengiriman,bea masuk dan lain-lain.
 Selamat Berbelanja secara Online!

Jangan lupa di-Share ke teman2 anda artikel ini! Terima Kasih

Rating: 4.5


6 komentar:

  1. bro mau tanya, kl beli beli barang luar negri kita harus siapin dokumen apa aja? takutnya ntar dikira selundupan. apa kita harus ke departemen apa gitu buat ngurus2 surat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya juga belum pernah beli barang2 fisik secara online di internet.... Tanya di kaskus aja banyak yg sudah berpengalaman di sana.....

      Hapus
  2. Bro gw mw blanja online tapi yg mbayarin tu cwe gw di Jepang,di Mizuho Bank dan udah support VISA..
    Bsakah ktika gw memakai krtu krdit dia wktu mw blanja online di ratuken.co.id ?

    BalasHapus
  3. Coba aja bro, kemungkinan sih bisa......

    BalasHapus
  4. bales ke email yaa kalo gg keberatan
    Thx :)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...