Sabtu, 21 Januari 2012

Apakah semua situs File Sharing akan ditutup?

megaupload ditutup
   Beberapa hari yang lalu salah satu situs filesharing yang katanya terbesar yaitu MegaUpload.com resmi ditutup.
Sudah resmi loh! Cieeeeee..... Selamat! Selamat!. Penutupan megaupload ini karena megaupload katanya  mengandung konten ilegal (Sudah mengandung berapa bulan? Semoga cepet lahir bayinya ya! ^_^).. MegaUpload telah merugikan sebesar 500 juta dollar akibat konten ilegal yang dikandungnya tersebut menurut department of justice.(Sumber: Detik). Selain ditutup pemiliknya ditangkap dan kekayaan pemiliknya dengan Total Aset sebesar 5 juta dollar juga disita.(sumber: Tempo ). Tapi sepertinya uang sebesar itu masih sangat kecil untuk membayar utang negara yang sangat banyak tapi kalau untuk beli permen mungkin cukup untuk seumur hidup ^_^.  

     Kalau kita lihat statistik situs MegaUpload ini di alexa.com terlihat kalau MegaUpload masuk 100 besar. Berdasarkan data yang saya akses tanggal 21 Januari 2012  terlihat kalau MegaUpload berada pada rank 72 secara global. Bahkan di beberapa negara seperti Tunisia, Belgia, Mexico, Argentina dan chili megaupload termasuk dalam 20 besar berdasarkan Regional Traffic Rank. Kalau kita bandingkan dengan beberapa filesharing besar lainnya, berikut adalah perbandingan beberapa situs file sharing besar di dunia berdasarkan alexa Global rank, ini beberapa file sharing yang saya ketahui kalau ada yang terlewat mungkin bisa beri tahu saya lewat komentar.
NoWebsiteRank
1MediaFire68
2MegaUpload72
34Shared88
4FileServe135
5FileSonic(ditutup)165
6Rapidshare214
7HotFile315
8Depositfiles344
9Ziddu727
Perbandingan Situs File Sharing berdasarkan Global Alexa Rank(Situs yg saya tahu. Ada yg terlewat?)
Tambahan : 17 Situs File Sharing Serupa MegaUpload(Tempo)

     Kalau dilihat dari data diatas ternyata ada situs file sharing lain yang juga besar yaitu MediaFire. Apakah mediafire juga akan ditutup? Bagaimana dengan 4shared, FileServe Rapidshare dan lain-lain? Mengapa hanya MegaUpload yang ditutup oleh AS? Apakah karena bukan milik orang Amerika? Jawabannya  saya juga Tidak tahu. 
     Beberapa situs filesharing memberikan uang kepada pengupload berdasarkan jumlah download dari file yang mereka upload. Kesempatan untuk mendapatkan uang dari mengupload file ini menjadikan banyak orang berusaha mengupload berbagai file ke situs tersebut demi tujuan mendapatkan uang. File yang diupload tersebut kadang adalah file-file ilegal. Tetapi pertanyaannya Siapakah yang harus bertanggung-jawab terhadap file tersebut? Pengupload atau Pemilik Situs? Apakah situs tersebut perlu memeriksa file yang di-upload satu per satu? Bagaimana mengecek file tersebut satu-persatu apakah file tersebut legal atau ilegal? Seandainya diketahui bahwa file tersebut ilegal Siapakah yang seharusnya mendapatlan sanksi hukum? Apakah cukup dengan menerima laporan  menghapus file lalu permasalahan selesai? Manakah yang lebih banyak dishare melalui situs tersebut file legal atau ilegal? Kalau berdasarkan pengalaman anda mendownload file dari situs file sharing tersebut, Mana yang lebih banyak anda download? Kalau ditutup, bagaimana dengan pengguna dan file-file lain yang menggunakannya untuk hal yang legal?

    Semua pertanyaan itu mungkin bisa anda jawab sendiri. Jika ada punya pendapat mengenai hal ini silakan anda bagi melalui komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Catatan: Posting ini sudah sesuai dengan judulnya yaitu sebuah pertanyaan dan masih merupakan pertanyaan yang perlu anda jawab pada komentar di bawah ini. Silakan menyampaikan pendapat anda secara bebas tapi baik. Maaf kalau yang sudah ke sini tapi kurang mendapatkan jawaban yang memuaskan.
Rating: 4.5





0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...