Sabtu, 28 April 2012

Biaya Kuliah di Malaysia dan Singapura.

    Kuliah di Singapura / Malaysia? Kenapa tidak? Untuk kamu yang baru saja lulus SMA/ belum diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dll dan masih bingung untuk menentukan kuliah dimana mungkin mencari-cari informasi tentang biaya kuliah di malaysia atau singapura dari teman atau sumber-sumber informasi lain baik itu di internet maupun dari sekolah. Informasi biaya kuliah dan beasiswa banyak dicari lulusan SMA yang baru saja lulus dan berencana akan melanjutkan pendidikannya di luar negri. Banyak negara yang bisa dijadikan pilihan sebagai tempat kuliah, beberapa diantaranya adalah malaysia dan singapura. Salah satu alasan memilih kuliah di  Singapura atau Malaysia adalah kedua negara ini lokasinya dekat dengan indonesia dan tentunya dengan kualitas pendidikan yang bagus bahkan ada yang bilang biaya kuliahnya(di malaysia) lebih murah dari beberapa universitas di Indonesia(Benarkah?)). Selain itu alasan lain mengapa memilih kuliah di singapura atau malaysia  yaitu biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan negara eropa atau amerika baik itu biaya kuliah maupun biaya hidup . Jika kamu masih bingung mencari biaya kuliah di singapura dan malaysia untuk berbagai universitas /perguruan tinggi di sana.maka kamu bisa menemukannya dengan mudah. Selain itu pendaftaran online perguruan tinggi di malaysia dan singapura untuk tahun 2012 di banyak perguruan tinggi di sana juga dapat dengan mudah kamu lakukan ..


 Dalam memilih negara tempat kuliah di luar negri banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti bagaimana kehidupan masyarakat  di negara tujuan , biaya hidup yang diperlukan selama menuntut ilmu di sana dan tentunya reputasi dari universitas yang akan kita pilih sebagai tempat kita melanjutkan pendidikan di luar negeri.

    Mengenai biaya kuliah di  singapura untuk program sarjana berkisar antara $ 9000 hingga $14.000 pertahun. Sedangkan untuk malaysia lebih murah yaitu $2800-$8200 dalam setahun.(Sumber Kompas). Jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Selandia Baru sangat jelas terlihat bahwa biaya kuliah di Singapura lebih murah dibandingkan dengan empat negara tersebut. Sedangkan biaya kuliah di malaysia lebih murah dari pada singapura. Untuk masalah biaya hidup tentu saja kedua negara tersebut juga memiliki biaya hidup yang lebih murah. Biaya akomodasi, transportasi dan makanan di singapura  lebih mahal dari pada di malaysia namun lebih murah dibandingkan di USA, Inggris, Australia dan Selandia Baru. Untuk melihat secara lengkap perbandingan biaya hidup dan biaya kuliah di luar negeri bisa dilihat di sumber Kompas di atas. Untuk Info detail tentang biaya kuliah di malaysia dan singapura di banyak universitas berdasarkan jurusan bisa didapat di sini.

   Dari grafik tersebut bisa terlihat bahwa Singapura dan Malaysia bisa dijadikan alternatif pilihan dalam memilih kuliah di luar negri jika dilihat dari biaya kuliah dan biaya hidup di sana. Selain itu jika dilihat dari kualitas pendidikan, banyak universitas singapura juga termasuk dalam top universitas di dunia misal National University of Singapore(40**) dan Nanyang Technological University(169**). (**Menurut rangking dari Times Higher Education).

   Jadi sekarang menjadi pilihan kamu sendiri untuk menentukan tempat kuliah kamu nanti di luar negeri. Apakah kamu sudah menentukan di universitas mana kamu akan kuliah nanti di sana? Apakah kamu sudah tahu berapa biaya kuliah di universitas itu nantinya? Apakah kamu tau kuliah jurusan apa yang cocok dengan Bakat dan Minat yang kamu miliki? atau  Jika itu semua adalah pertanyaan yang sedang ada di pikiran kamu selama ini maka saya sarankan untuk berkunjung ke  website easyuni  karena di sana kamu akan menemukan semua jawaban atas pertanyaan yang ada di pikiran kamu itu sekarang juga. Di sana ada test untuk menentukan jurusan yang cocok untuk kamu saat kuliah di luar negeri nanti selain itu juga ada informasi biaya kuliah  serta pendaftaran online untuk tiap jurusan di masing-masing universitasnya.  Jika berminat kuliah di universitas itu maka saya sarankan mendaftar online saja lewat website itu karena akan lebih mudah.

Selamat Kuliah di luar negeri!

Rating: 4.5

8 komentar:

  1. Nice info gan!
    Kalau cara pendaftaran universitas di singapura dan malaysia gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau gan, belum pernah kuliah di sana tapi kalau di website yg di atas itu kayanya disediain fasilitas mulai dari pemilihan jurusan sampai pendaftaran gitu... Coba aja daftar gan! gampang kok tinggal login pake facebook, twitter dll. Thanks

      Hapus
    2. Banyak juga yang orang indonesia yang kuliah di singapura dan malaysia.

      Hapus
    3. betul, memang sangat banyak sekali orang indonesia yang memilih kuliah di dua negara tersebut. Biaya kuliah di indonesia juga mahal soalnya.

      Hapus
    4. Bisa mendaftar dengan menghubungi ICAN Education di 021 60780217, 60780216 or email ke info@ican-education.com

      www.ican-education.com

      Hapus
  2. Benar biaya hidup yang tinggi menbuat biay kuliah jadi tinggi. Biaya tinggi harus di ikutin kualitas yang bagus..

    BalasHapus
  3. Makasi infonya bro..
    Minta bimbingan ya..sy lg cari info u/ kuliah dsn. Makasi sblmnya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bikin artikelnya cari infonya googling dari internet. Saya juga tidak terlalu mengerti tentang info kuliah di luar negeri. Hehe... :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...